PERANAN MAHASISWA


Peran yang dapat di lakukan mahasiswa sebagai generasi penerus bangsa dalam menanggulangi kondisi negara RI pada saat ini sangat diperlukan . Peran apa menurut pandangan atau pendapat anda ?

Mahasiswa adalah panggilan untuk orang yang sedang menjalani pendidikan tinggi di sebuah universitas atau perguruan tinggi

Mahasiswa adalah seseorang yang mengambil peranan penting dalam suatu negara
Mahasiswa adalah bagian dari perjalanan suatu bangsa dan sebagai pelopor , penggerak bahkan pengambil keputusan terpenting

Pemikiran yang kritis , demokratis dan konstruktif selalu lahir dari pola pemikiran para mahasiswa . Mahasiswa sering merepresentasikan dan mengangkat realita sosial yang terjadi di masyarakat . Sikap idealismenya yang mendorong perjuangan kepada para penguasa untuk mewujudkan aspirasinya dengan cara mereka sendiri .


Secara umum mahasiswa memiliki 3 fungsi yaitu :

1. (Agent of social control) sebagai penyampaian kebenaran
2. (Agent of change) sebagai agen perubahan
3. (Iron stock) sebagai penerus masa depan

Mahasiswa wajib memikirkan dan mengembangkan tujuan bangsa . Agar bangsa bisa lebih baik . Nilai moral dan intelektualitas sangat diperlukan agar peran mahasiswa dalam dunia dalam kampus dan diluar kampus dapat menciptakan kondisi kehidupan kampus yang harmonis .


Kondisi negara saat ini adalah bangsa kita sangat memprihatinkan . Saat situasi ini demokrasi terlihat sangat tegar dan kokoh tetapi persoalan yang muncul akhir2 ini membuktikan bahwa demokrasi belum bisa menciptakan kondisi yang ideal dalam kehidupan berbangsa dan bernegara . Semakin terlitah penyimpangan yang terjadi didalam pelaksanaan pemerintahan dan penegakan hukum .


Kita akan membahas tentang skandal yang populer dibicarakan akhir-akhir ini . Skandal century , mafia hukum dan makelar kasus contohnya kasus komisaris jendral susno duaji , makelar kasus pajak gayus tambunan yang melibatkan beberapa petinggi POLRI adalah dontoh kasus yang layak menggugah kesadaran kita sebagai anak bangsa untuk bersama-sama merenungkan bagaimana kondisi kedepan . Perenungan ini seharusnya menjadi semangat optimisme agar keruntuhan di dalam suatu kepemimpinan terlihat oleh rakyat . Namun semakin banyak kasus yang terkuak sebenarnya semakin berkembang pesimisme dan antipati rakyat kepada penyelenggara negara . Dan akhirnya rakyat membuat kesimpulan bahwa pemerintah belum mampu memelihara konsistensi. Hingga berwujud menjadi sebuah pencapaian dan prestasi yang nyata dan bisa di nikmati oleh rakyat .


Seluruh elemen bangsa berkewajiban untuk menjaga dan mengimplementasikan nilai-nilai demokrasi , demokrasi seharusnya mempu menjadi penerang dalam kegelapan . Terlebih lagi aparat - aparat negara sebagai simbol dan penyelenggara pemerintahan , mereka lah yang menjadi ujung tombak dari setiap upaya mewujudkan tujuan dari negara itu . Tetapi , justru mereka melakukan tindakan melawan kewajiban dan sering kali menimbulkan kekerasan dan kemarahan rakyat .


Lebih dari itu sangat diharapkan bahwa perbaikan dan reformasi menyeluruh terhadap seluruh aspek dapat membuat kondisi bersih dari noda yang selama ini menempel di tubuh pemerintahan . Intinya rakyat tidak ingin mendengar lagi adanya mafia-mafia praktek hukum dan makelar kasus terjadi di lembaga tersebut .


Peran yang harus di lakukan oleh mahasiswa adalah pada saat generasi yang memimpin bangsa ini sudah mulai berguguran pada saat itu kita yang akan melanjutkan perjuangan bangsa ini . Namun bisakan kita membangun bangsa ini ? Kemampuan apa yang harus kita miliki ?


1 . Kemampuan softskill (kemampuan pribadi)

Softskill adalah salah satu faktor untuk sukses pada bidang pendidikan yang ditempuh dan juga penentu untuk masa depan seseorang dalam menjalani hidupnya . Karena kemampuan softskill hampir 80% yang menentukan keberhasilan seseorang . Kemampuan softskill yang diperlukan atau dimiliki oleh mahasiswa :
•manajemen waktu
•kepemimpinan (leadership)
•tingkat kepercayaan yang tinggi (sense of humor)
•memiliki keyakinan dalam agama (spiritual capital)

2. Hardskill (kemampuan intelektual)

Kemampuan intelektual hanya mendukung 20% dari percapaian prestasi dan keberhasilan seseorang . Apabila kita mempunyai kemampuan softskill maka kita akan menjadi orang yang baik dimasa depan sebab banyak orang yang pintar tapi sedikit yang mempunyai softskill yang baik .

Jadi peran mahasiswa bukan hanya pergi kuliah ,duduk didepan dan mendengarkan dosen berbicara . Tetapi mempunyai peran untuk melaksanakan perubahan untuk bangsa indonesia . Peran tersebut adalah sebagai generasi penerus yang melanjutkan dan menyampaikan nilai-nilai kebaikan kepada rakyat dan sebagai pembaharu yang memperbaiki dan memperbaharui kerusakan atau penyimpanan yang terjadi di dalam satu lingkungan .

Anna

Thanks for visit my blog. Hopefully, the information can be useful and if any questions please enter in the comments field :)

No comments:

Post a Comment